Widget edited by Alfisyah Rifqintara
Posted by : Unknown Thursday, June 6, 2013

Review & FR 21 May 2013 Show Malam
Trainee – Boku no Taiyou (Matahari Milikku)

M1. Dreaming’ girls

Intro lagu yang bagus banget, pembukaannya dinyanyikan akapela tanpa ada musik. Pembawaan yang sangat ceria, dimulai dengan cepat oleh member dengan hitungan cepat, ditemani senyum member ditambah petikan tangan dan tepukan. Masih lip synch; Yupi, Rachel, dan Kariin ngejanya terlalu cepet jadi kelihatan lip synch; Rachel masih males2an (bukan dari gerakan tapi tatapan matanya). Yupi terlihat menjadi ujung tombak di lagu ini. Lagunya singkat, hanya 1.30 menit tapi sangat berkesan. Formasi member dibagi dua, yang satu menyanyikan lagu seperti biasa, yang satu lagi menyanyikan nada-nada panjang. 

M2. RUN RUN RUN
Sekitar 8 member buka rompi dan muter-muterin di atas sebelum rompinya di lempar ke backstage; rompi Karin kena member sampingnya. Lagunya dinyanyikan sangat bagus dengan gerakan yang sangat bagus. Noella Viny Hanna Naomi dan Ayen mendominasi lagu 

M3. Mirai no Kajitsu (Buah Masa Depan)
Mirai no Kajistu versi theater jauh lebih bagus daripada yang di acara2 on air ato off air, faktor kostum sama lightning yang buat lagu ini jauh lebih keren. Member lemah seperti Karin, Nat dan Ikha justru tampil sangat bagus disini, lebih terlihat semangat karena mungkin ini masih awal lagu.

M4. Viva! Hurricane
Lagu yang ceria dengan koreo yang unik. Ada bagian rap dari musik dan member bisa berekspresi sebebas mungkin karena banyak bagian dari lagu yang membebaskan member bergerak dan berekspresi. Ada sekitar 10 detik untuk dance bebas dan tsuNaomi bener2 unjuk goyangan.

M5. Idol Nante Yobanaide (Jangan Panggil Aku Idol) – Yupi (center) Kariin Nadila Naomi
Naomi salah unit song, kenapa ada tante2 di lagu yang dipenuhin loli. Tapi untuk ukuran member yang jeda umur paling jauh dengan member, Naomi membawakan lagu ini dengan pro. Kalah imut karena dia cantik dan menawan tapi kalau adu gerakan dan dance; dia ga kalah dari Nadila dan Karin. Yupi sebagai center; gerakannya super efisien baik dari gerakan tangan dan kaki. Not a good center for sure di unit song ini. Karin sebaliknya nge-push dirinya untuk bisa mengimbangin Nadila; itu sangat bagus. Nadila tampil lepas dari bayangan dan itu bagus karena dia bisa tampil sebagai dirinya. Backdancer ada Viny Noella Hanna Yona Della Lidya; Hanna, Noella dan Viny hampir bisa dibilang sebagai performer dibandingin backdancer. Lagu ini sekitar 4.40-5 menit, masuk last minute Karin uda pengen lagu ini cepet selesai karena durasinya panjang. Dari 5 unit song, ini yang paling kurang menarik

M6. Boku to Juliette to Jet Coaster (Aku dan Juliette dan Jet Coaster) – Ayen (center) Acha (2nd) Nat (3rd)
Awal2 cukup susah membedakan mana dan mana. Masih lip synch jadi makin sulit melihat siapa yang menyanyi karena suara di theater super kencang dan ada beberapa fans2 berisik yang mau di waro idol. Kostum dan topi yang sama; membuat muka member cukup susah dibedakan satu sama lain karena rambut tidak terlihat dan ketiganya punya rambut panjang. Terlepas sulit dibedakan, ini unit song yang paling keren dibandingkan 5 unit song lainnya. Pembawaan dance yang kompak; Ayen memimpin dengan baik; ekspresi juga sesuai dengan liriknya. Acha jauh lebih bagus disini daripada ketika dia menjadi center Junjou Shugi. Nat masih di bawah Ayen dan Acha karena belum pernah bawakan lagu dengan tema ini; tapi dia tetap tampil memukau. Ketiganya tampil dengan dance dan koreo yang super kompak dan keren. Ada koreo yang memegang topi dan itu keren banget.

M7. Higurashi no Koi – Tata (putih) Ikha (hitam)
Sekali lagi, ini lagu yang sangat bagus. Musik dan liriknya keren banget; ditambah dua buah kostum yang bertolak belakang. Masih lip synch (mungkin), suara audio masih terlalu kenceng jadi masih bingung bedain mana yang asli dan audio. Tata masih ga cocok buat lagu slow dengan ekspresi galau, mukanya terlalu pocker face dan acting di lagu ini terlalu mudah terbaca. Beberapa moment ekspresinya dapet, tapi ya itu cuman poker face bukan bener-bener ekspresi. Ikha surprisingly good. Ini pertama kali dia duet dan lawannya bukan yang bisa dianggap remeh. Ikha bukan hanya mengimbangin Tata dengan ekspresi yang lebih nyata, tapi juga dengan wajah yang lebih menjiwai setiap lirik lagu. Gerakan tangan Ikha di lagu ini bener2 keren banget, bagaimana dia dance juga keren banget; bener2 penjiwaan total.

M8. Itoshisa no Defense (Pertahanan Cinta) – Noella (center) Yona (2nd) Lidya (3rd)
Kostum unit song ini mirip kostum unit song Renai Kinshi Jourei. Noella terlalu hebat; Yona dan Lidya beberapa kali ketinggalan jauh kayak backdancer Noella. Dance dan ekspresinya keren banget, ditambah koreo lagunya juga memang keren dan cocok untuk Noella. Ini bukan lagu dengan tempo yang cepat, Noella menyesuaikan dengan tempo dan gerakannya penuh emosi. Yona ekspresinya jauh lebih keren dari Noella tapi dance terlalu menggebu-gebu, seolah-olah dia takut kelewatan timing padahal dia selalu pas. Lidya dance dengan bagus (baru tau kalo Lidya bisa dance dengan bener di unit song) tapi kebanyakan tebar-tebar senyum padahal lagunya slow dan bernuansa sedih. Karena terlalu banyak senyum baik sadar atau tidak; sekilas dia menjadi beban di unit song ini.

M9. Himawari (Bunga Matahari) – Della Hanna Viny Rachel
Lagu yang ceria, setiap member dapat solo line dan bisa memperlihatkan kemampuan vocal mereka. Ga tau lip sync atau ga; ngeliat dari gerakan bibir Rachel dan Della dengan timing audio sih sepertinya ga ada yang live. Lagunya memang bertempo cepat dan enak di dengar; Hanna dan Viny paling dominant di unit song ini. Senyum Rachel manis banget di lagu ini, males-malesan yang biasa ada di mukanya hilang. Della juga terlihat menawan walau gerakan tangannya masih kaku. Beberapa kali kayaknya dia komat-kamit terlalu cepet dibandingin ketiga temennya. Di unit song ini lebih ke battle antara Hanna dan Viny dalam tebar pesona; keduanya penghayatan seperti seorang penyanyi pro dan merebutkan spot light.

M10. Takeuchi-senpai (Kakak Kelasku)
Seperti kebanyakan member setelah lagu unit song, stamina drop karena member yang tampil sepertinya terlalu lama menunggu di backstage. Rachel dan Karin uda ga bisa senyum lagi dan lebih ke arah senyum terpaksa. Hanna Viny Noella Tata Ikha Nat dan Naomi yang mendominasi lagu ini.

M11. Sonna Konna Wake de (Dengan Berbagai Macam Alasan)
Member buka baju dengan centil dan menggoda. Tatapan tsuNaomi, Acha, Ayen, Tata paling parah dari semua member. Memang gerakannya banyak menggoda, terutama goyangan pinggul dan goyangan body-nya ga santai. Dari lagunya sendiri memang up-beat dan keren, kalau diungkapkan dengan kata2 mungkin ini adalah waku bagi member untuk memperlihatkan sisi liar mereka.

M12. Déjà vu
Cuman bisa bilang koreo bagus dan lagunya bagus. Utk member yang perform uda kecapean, lagu-lagu di set list ini kebanyakan 4-5 menit; stamina mereka belum semuanya terbiasa. Di lagu ini terlihat kalau Yupi sebagai global center; belum siap untuk menanggung semua mata yang memandang di depan dan di belakangnya. Tapi bersyukurlah karena Hanna Viny Acha Noella tsuNaomi ada untuk membuat lagu ini lebih meriah.

M13. Yuuhi wo Miteiruka? (Apakah Kau Melihat Mentari Senja?)
Jujur ini lagu sangat enak, sangat ramah di telinga. Mungkin ini lagu grup song favorit saya setelah Dreaming’ Girl. Kostum yang sangat menarik dilihat, rok dan kemeja putih tanpa lengan yang membuat member tampil sangat manis. Start lagu hanya 7 atau 8 member baru member2 lain menyusul. Tapi dari performer ini tidak bagus, seolah2 member yang tampil sudah terlalu lama menunggu, jadi performance tidak maksimal lagi. Ada yang staminanya masih kuat sehingga tampil powerful, ada juga yang staminanya mau habis sehingga tampil seperti mau pingsan; tidak imbang. Sisanya tidak terlalu memperhatikan para performer karena ada kesibukan yang lain, jadi hanya menikmati di telinga saja.

EN1. Lay down!
Untuk lagu yang dieluk2kan fans sebagai lagu wajib lihat; yang saya lihat itu Hanna Viny tsuNaomi Ayen Noella Acha Tata dan Yona paling dominant karena dari wajah dan ekspresi mereka yang paling kena. Dari lagunya sendiri sih biasa saja, sudah dijamin lip sync karena hanya ada 3 mic dan jarak mereka bernyanyi terlalu jauh dan jumlah suara di audio tidak sebanding dengan jumlah member yang bernyanyi. Beberapa adegan dorong mendorong dan rebutan mic terlihat dilakukan dengan niat serius, bukan sekedar koreo. Dance bebas disini memang sangat menggoda iman, terutama member2 yang cantik dan sexy; terlepas itu ini bukan lagu pembuka encore yang bagus.

EN2. BINGO!
Mendengar lagu yang biasa dipakai di AKBingo terdengar lucu karena jadi versi bahasa Indonesia. Kostumnya berwarna-warni dan sangat bling-bling. Lagunya ternyata ada bagian slow juga pas 3/4 jalan. Overall sih tidak ada kesan apa2, baik kesan buruk atau kesan bagus.

EN3. Boku no Taiyou (Matahari Milikku)
Untuk lagu yang dipakai sebagai judul set list, ini benar-benar lagu yang… sangat tidak berkesan. Bisa dibilang ini lagu paling tidak berkesan dari semua group song; member sudah lelah dan beberapa sudah mau mengakhiri theater. Lagunya juga biasa saja, koreonya juga kalah bersinar dibandingkan lagu2 lainnya.

MC:
• Masih boring dan membodohi diri sendiri dan teman-temannya. Setidaknya dari 4 sesi MC, ada beberapa MC terdapat jeda panjang. Itu cukup membuat member di atas stage ketakutan karena keheningan itu bisa menggoncangkan hati.
• Ada games Pancasila 5 dasar, oke… ini sebuah nyali untuk main games. Tapi mereka lupa atau sudah terlalu excited, mic yang dipegang itu pengeras suara dan mereka berteriak di mic. Jangan ditanya bagaimana kuping penonton yang mendengar mereka rebutan jawaban dengan berteriak.
• Gaya ngomong Acha itu benar-benar hasil dempul alias bukan alami, mengingatkan pada seorang mantan member yang punya gaya bicara yang mirip.
• Beberapa intro lagu dan intro set list masih dihafal, itu wajar; tapi dengan intonasi yang salah itu bisa membuat kesan yang jelek.


Lain sebagainya:
• Set list Boku no Taiyou ini memang sangat bagus, lagunya bervariasi dan enak-enak dengan koreo yang keren. Wajib nonton.
• Beberapa fans sepertinya overestimate set list ini. Kalau dari lagu, dance & blocking; ini sesuai dengan apa yang disebutkan. Set list Boku no Taiyou sangat berwarna-warni; set list Renai Kinshi Jourei susah menang kalau harus adu lagu2 yang ada di dalamnya ditambah kostum2nya. Kalau membandingkan dari member yang tampil, yah beberapa sesuai dengan yang disebarkan sisanya tidak begitu hebat.
• Yupi sebagai global center, mendapatkan beban Maeda Atsuko bukan center yang bagus. Dia tertolong karena banyak member lebih kuat darinya yang membantu membawakan lagu ini: sebut saja Noella Hanna Ayen Naomi Viny dan Acha; kalau Yupi hanya sendirian; bisa dijamin dia akan hancur dalam sekejap.
• Lebih enak menonton set list ini sambil berdiri; banyak blockingan yang tidak terlihat kalau duduk. Entah ini karena memang blockingan dari versi AKB atau memang ada situasi yang membuat blocking AKB tidak terlalu cocok di theater JKT.
• tsuNaomi Hanna Ayen Noella sangat bersinar di set list ini. Viny lebih redup tapi masih bersinar. Acha, Lidya, Nadila, Yona, Tata, Ikha dan Nat tampil jauh lebih bagus dari set list Pajama Drive. Yupi masih butuh waktu untuk jadi global center yang baik. Karin dan Rachel seperti pengganti, entah kenapa mereka bisa berada di posisi formasi 1. Della… belum meninggalkan kesan yang bagus walau di atas stage sangat baik.
• Audio super kencang, bisa bikin kuping budeg. Banyak lightning yang mengarah ke penonton, tapi tidak terlalu banyak hanya lama saja. Bagian editing video untuk ‘Road to Team K’ mungkin boleh menyaring komentar apa saja yang boleh dan tidak boleh diperdengarkan untuk umum. Salah satunya adalah ‘beda ya dengan gen 1’; intonasi nada berbeda dan itu akan sangat memberi pandangan buruk. Untuk ukuran sebuah perbandingan, mereka memilih standard yang salah.


Cc : http://kazurro692.tumblr.com/post/51052557360/fr-21-may-2013-trainee-boku-no-taiyou

Leave a Reply

Welcome to Open Our Fans 48
Terimakasih sudah berkunjung :)

Kalau mau berkomentar ada baiknya baca peraturannya dulu sebelum berkomentar !

Rules:

- No spam, No flood, No junk, No iklan, No sara,No s*x,
- Gunakan bahasa yang sopan
- Jangan OOT / keluar jalur artikel yang berkaitan
- Apabila anda copas saya mohon untuk mencantumkan link sumber blog ini "http://open-our-fans.blogspot.com"

THANKS!

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Free Automatic Link Free Automatic Backlink Ping your blog, website, or RSS feed for Free ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free Free Auto Backlinks USA Backlinks Free Backlinks   Service at USABacklinks.com! Arts Blogs

- Copyright © 2013 Open Our Fans 48 - Open Our Fans - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -